Bagaimana Hujan Terjadi?

By -

Hujan merupakan peristiwa penting dalam siklus alam. Hujan membantu proses pemulihan pasokan air tanah. Kelangkaan hujan berarti kelangkaan air.  Manusia yang membutuhkan air akan sangat kewalahan saat pasokan dan persediaan air menipis. Hujan merupakan salah satu mekaisme alam untuk memerbarui pasokan air secara merata. Manusia menjadi salah satu pemanfaat air yang cukup banyak. Manusia akan mengalami banyak persoalan akibat kekurangan air. Air dibutuhkan bukan semata untuk proses metabolisme tubuh, tetapi juga untuk pelbagai kebutuhan pendukung lain, seperti cuci dan mandi.

Hujan sangat terkait dengan konveksi di lautan dan atmosfir bumi. Konveksi adalah pergerakan masa fluida dari satu wilayah ke wilayah lain. Pelbagai sumber air, seperti sungai dan laut akan mengalami penguapan akibat adanya panas matahari. Uang ini akan menuju lapisan atmosfir dan langit untuk membentuk awan hujan.

Pembentukan awan hujan disebut sebagai pemadatan atau kondensasi zat cair. Uap air akan terkumpul dalam bentuk awan di lapisan armosfir. Semakin besar volume air yang ditampung maka semakin berat pula masa awan tersebut. Pergesekan dengan angin akan membuat air tercurah kembali ke bumi. Proses ini disebut sebagai presipitasi. Pada suhu yang lebih dingin, air bahkan akan menggumpal menjadi es. Inilah yang menyebabkan beberapa wilayah pada periode tertentu akan mengalami hujan salju.

 

admin-ensiklo